Uncategorized

Kenapa Begadang Tidak Bagus Untuk Nambah Tinggi

Begadang merupakan suatu keadaan dimana seseorang tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan dalam kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari enam jam bahkan ada yang tidak tidur sama sekali. Mengapa kita harus memiliki kualitas tidur yang baik? Karena saat kita tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas yang telah dilalui. Dengan tidur, kita membantu tubuh untuk memperbaiki metabolisme serta merilekskan pikiran. aoleh karena itu ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Waktu paling baik untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah antara tujuh sampai delapan jam sehari.

Alasan Begadang

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang harus begadang sehingga tidurnya selalu larut malam. Faktor-faktor yang membuat seseorang tidur kurang dari enam jam sehari tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kerja Lembur

Seringkali begadang disebabkan karena tuntutan pekerjaan. Misalnya saja karena Anda adalah seorang pebisnis yang sibuk, atau seseorang yang workaholic. Maka dapat dipastikan Anda akan tidur larut malam sebab Anda harus menyelesaikan semua pekerjaan Anda terlebih dahulu. Kerja lembur secara perlahan akan membuat kerja otak dan tubuh Anda melebihi limit tubuh manusia setiap harinya. Hal ini mengakibatkan Anda kurang tidur serta membuat kerja jantung lebih berat karena tidak mengistirahatkan tubuh Anda dengan lebih baik.

2. Makan terlalu banyak

Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak juga dapat membuat Anda sulit tidur. Hal ini terjadi karena tubuh belum selesai melakukan pencernaan secara sempurna. Setelah makan, tubuh akan terisi energi kembali. Energi yang seharusnya digunakan untuk kegiatan dan aktivitas pada saat siang hari. Maka jika Anda makan kemudian tidur, tubuh akan kelebihan energi yang disalurkan keseluruh tubuh melalui aliran darah. Selain itu tidur dalam keadaan perut kenyang tidak akan membuat tidur Anda tenang dan lelap, namun cenderung gelisah dan mudah terbangun.

3. Insomnia

Ada suatu keadaan dimana Anda tidak ingin begadang dan ingin tidur delapan jam sehari, dimulai dari pukul sembilan malam. Namun ada hal yang menyulitkan Anda melakukannya, yaitu kebiasaan insomnia. Insomnia adalah keadaan dimana Anda kesulitan tidur. Insomnia dapat dipengaruhi oleh faktor suatu penyakit atau masalah psikologis. Namun insomnia bukanlah suatu penyakit. Insomnia dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kelainan emosional, kelainan fisik, dan pemakaian obat-obatan. Terkadang seseorang merasa insomnia karena merasa tubuh dan pikirannya tidak merasa capek atau lelah. Insomnia biasanya diobati dengan menggunakan obat-obatan seperti obat penenang dan obat tidur yang bertujuan untuk membantu meringankan gejala stres dan membantu atau memudahkan Anda supaya dapat tertidur. Hal ini kalau bisa Anda hindari karena efek pemakaian obat-obatan dalam jangka waktu lama akan merusak kesehatan Anda serta menimbulkan ketergantungan terhadap obat-obatan.

4. Terlalu asik bermain

Lupa waktu adalah alasan yang sering digunakan saat begadang. Lupa waktu tidak harus selalu melulu soal pekerjaan yang menumpuk atau tugas ekstra. Lupa waktu juga dapat disebabkan karena Anda terlalu asik bermain. Bermain yang dimaksudkan disini bisa bermacam-macam, mulai dari nongkrong di cafe bersama teman-teman, jalan-jalan ke mall menghabiskan waktu, atau bermain handphone sepanjang hari yang dapat menyebabkan Anda sulit untuk tidur karena terlalu asik bermain. Bermain dengan teman akan membuat Anda lupa waktu. Apalagi jika Anda dan teman teman Anda sangat menikmati obrolan yang menyenangkan dan mengasyikkan. Secara sadar maupun tidak sadar Anda akan begadang dan berakibat pada kualitas tidur.

Pengaruh Langsung / Efek Samping

1. Muka Pucat dan lingkaran hitam di bawah mata

Ciri fisik yang sering muncul yang diakibatkan jika Anda terlalu sering begadang adalah muka Anda yang terlihat lebih pucat, seperti kelelahan, serta munculnya lingkaran hitam di bawah mata atau banyak disebut mata panda. Dapat pula terlihat mata merah dan mata yang berkantung. Selain itu, begadang mengakibatkan munculnya banyak kerutan di area sekitar mata. Kurang tidur juga dapat mengakibatkan tubuh mengeluarkan hormon pertumbuhan lebih sedikit, padahal hormon tersebut sangat dibutuhkan jika Anda masih dalam proses pertumbuhan atau usia anak anak hingga remaja.

2. Pusing dan Susah Konsentrasi

Kurang tidur juga dapat menyebabkan hilang fokus serta menggangu konsentrasi. Ketika Anda bangun tidur kurang dari enam jam, Anda akan cenderung bangun dalam keadaan pusing, lesu serta terlihat seperti seseorang yang tidak memiliki semnagat. Kurangnya kualitas tidur juga menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi, akibatnya Anda akan mudah melupakan suatu hal kecil.

3. Daya Tahan Menurun

Efek samping lainnya dari kebiasaan begadang ialah daya tahan tubuh yang menurun. Contoh nyata dari terlalu sering begadang adalah Anda akan lebih mudah terserang penyakit seperti flu, demam, batuk, bahkan penyakit berbahaya seperti diabetes hingga penyakit jantung. Ketika begadang, tubuh akan dipaksa untuk terus beraktifitas atau bekerja sampai larut malam, padahal kenyataannya tubuh memerlukan waktu untuk istirahat dan memperbarui sel-sel tubuh serta membuang racun di dalam tubuh. Jika waktu istirahat Anda tidak terpenuhi, kerja tubuh Anda akan secara otomatis tidak sempurna yang mengakibatkan pada daya tahan tubuh Anda yang menurun.

4. Penyakit jantung dan hipertensi

Kurang tidur dapat berkontribusi pada kenaikan tekanan darah. Penelitian menunjukkan, satu malam saja orang yang mempunyai hipertensi (tekanan darah tinggi) kurang tidur, dapat menyebabkan tekanan darah mereka naik pada hari-hari berikutnya. Dampak ini bisa berkembang menjadi penyakit jantung dan stroke. Orang yang sudah mempunyai hipertensi sebaiknya tidur malam dalam waktu cukup agar tidak memperparah penyakitnya. Penelitian lain menunjukkan bahwa tidur terlalu sedikit (kurang dari 5 jam) dan tidur terlalu banyak (lebih dari 9 jam) dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner pada wanita.

6. Hormon Pertumbuhan Menurun

Hormon pertumbuhan paling banyak diproduksi ketika Anda tidur. Ketika tidur, tubuh akan memperbarui dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Jika Anda terlalu membiasakan begadang, maka Anda telah memangkas waktu tidur Anda sehingga secara otomatis Anda juga membatasi produksi hormon yang dihasilkan oleh tubuh Anda. Banyak efek negatif yang timbul akibat tubuh yang kekurangan hormon.

Hormon pertumbuhan pada anak anak juga paling banyak diproduksi saat tidur. Hormon pertumbuhan akan terganggu apabila si anak terlalu sering begadang. Akan sangat bahaya jika seorang anak memiliki tinggi yang tidak sesuai dengan usianya.

Mengurangi Resiko Bahaya Begadang

1. Perbanyak Minum Air Putih

Kenapa harus banyak minum air putih? Karena pada saat begadang tubuh manusia cenderung mengalami dehidrasi sehingga air putih jauh lebih diperlukan oleh tubuh daripada minuman lain. Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan hormon testosteron pada pria.

2. Hindari Makanan Berminyak dan Cepat Saji 

Minyak yang diserap oleh tubuh dapat mengganggu fungsi organ hati. Umumnya proses detoxin atau proses umntuk menghilangkan racun pada organ hati berlangsung pada pukul 23.00 malam sampai 03.00 pagi jika ditambah dengan berkurangnya sistem imun yang disebabkan karena kurang tidur, parahnya lagi dapat membuat organ hati ini tidak berfungsi.

Begitu pula dengan mengkonsumsi makanan cepat saji. Apakah Anda sering mengkonsunsi mie instan tengah malam atau sering memesan makanan dari gerai cepat saji yang buka 24 jam? Dengan mengkonsumsi makanan ini ketika begadang, jumlah kalori yang mengendap dalam tubuh Anda akan jauh lebih banyak daripada saat makan siang. Perubahan jam biologis saat makan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Proses pembakaran kalori pun akan terganggu dan akibatnya tubuh dapat semakin melebar atau gendut, parahnya bisa sampai obesitas jika terlalu sering dikonsumsi.

3. Pola Hidup Sehat

Anda perlu menerapkan kebiasaan hidup sehat mulai dari sekarang. Mulai dari kebiasaan kecil seperti rajin berolahraga, menghindari kebiasaan buruk, mengkonsumsi makanan yang bernutrisi serta kebiasaan baik lainnya. Anda perlu merawat tubuh anda sedari kecil, namun jika Anda baru menyadari hal ini, maka Anda tidak terlambat untuk memulai hal baru dengan memulai kebiasaan baru. Jika saat ini Anda memiliki anak, maka Anda harus menanamkan kebiasaan atau pola hidup sehat mulai dari sekarang.

4. Mengkonsumsi Susu Sebelum Tidur

Susu tinggi kalsium dapat anda konsumsi 2 jam sebelum tidur. Mengkonsumsi susu sebelum tidur dipercaya dapat mempercepat serta membantu hormon pertumbuhan yang bekerja pada saat malam hari atau saat anda tidur. Selain itu, banyak orang yang percaya bahwa mengkonsusmsi susu sebelum tidur dapat menigkatkan kualitas tidur serta membuat tidur lebih nyenyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *