Uncategorized

Syarat Tinggi Pramugara

Berapakah Syarat Tinggi Pramugara Minimal dan Maksimalnya?

Pramugara merupakan salah satu profesi yang memiliki peranan penting dalam kelancaran proses penerbangan. Tugasnya adalah menjaga kenyamanan serta keselamatan penumpang selama penerbangan. Profesi satu ini memang cukup bergengsi. Sehingga wajar saja bila saat ini banyak kaula muda yang sangat tertarik untuk berkarir pada profesi ini.

Namun untuk bisa menjadi seorang pramugara tentunya tidak lah mudah. Selain harus memiliki kemampuan dan ketrampilan yang menunjang, tentu seorang pramugara juga harus memiliki kesehatan yang baik serta fisik yang menarik.

Salah satu hal yang tidak bisa lepas dari profesi pelayanan pelanggan seperti halnya pramugara adalah harus memiliki tinggi badan yang proporsional serta berat yang ideal. Karena kedua hal tersebut yang akan menjadi penunjang seseorang untuk berpenampilan menarik.

Tahukah kamu berapa syarat tinggi minimal dan maksimal untuk menjadi seorang pramugara? Bila kamu masih belum mengetahui pastinya, tidak perlu bingung lagi karena artikel ini akan membahas hal tersebut. Agar kamu yang ingin menjadi seorang pramugara juga bisa mempersiapkan tinggi badanmu sedari sekarang.

Syarat Lain Yg Harus Disiapkan Selain Syarat Tinggi Pramugara
Selain harus memiliki tinggi badan sesuai ketentuan maskapai yang akan dilamar, calon pramugara tentu juga harus menyiapkan hal lain. Adapun persyaratan menjadi pramugara antara lain adalah:

  • Pria berusia 18-27 tahun (batas maksimal usia tergantung kebijakan masing-masing maskapai)
  • Berpenampilan menarik dan berkelakuan baik
  • Belum pernah menikah
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memiliki berat badan yang ideal dengan tinggi badan
  • Tidak berkacamata & tidak buta warna (toleransi minus tergantung kebijakan masing-masing maskapai)
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik

Ditambah dengan syarat tinggi badan pramugara yang akan disampaikan pada paragraf di bawah ini.

Syarat Tinggi Pramugara Minimal dan Maksimal Berdasarkan Lowongan Maskapai
Mungkin jumlah pramugara cenderung lebih sedikit dibandingkan jumlah pramugari dalam setiap penerbangan. Namun tetap saja keberadaan pramugara dalam suatu penerbangan sama pentingnya dengan keberadaan pramugari. Karena notabene nya mereka memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama.

Berdasarkan informasi yang tercantum dalam lowongan kerja yang dimuat. terdapat informasi bahwa syarat tinggi minimal dan maksimal untuk menjadi pramugara adalah berkisar antara 165-180 cm.

Dalam lowongan pramugara Garuda Indonesia tercantum untuk syarat tinggi pramugara adalah 165 cm hingga 178 cm. Berbeda lagi dengan syarat tinggi pramugara yang tercantum dalam lowongan flight attendant Lion Air Group yg tertulis 165 cm hingga 180 cm. Kemudian untuk syarat tinggi pramugara yang tercantum di lowongan flight attendant Air Asia adalah minimal 170 cm dengan tidak dicantumkan batas maksimalnya. Seperti halnya di Sriwijaya Air dengan batas minimal 165 cm tanpa dicantumkan batas maksimalnya. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa terkait batasan tinggi maksimal ataupun minimal dalam penerimaan calon pramugara. Aturannya menjadi wewenang masing-masing maskapai penerbangan.

Cara Menambah Tinggi Badan Untuk Memenuhi Syarat Tinggi Pramugara

Pentingnya memiliki tinggi badan dan berat badan yang proporsional bagi calon pramugara. Membuat kamu yang terlahir dengan ukuran badan yang kurang tinggi tentu harus berjuang keras agar bisa mencapai tinggi badan yang disyaratkan. Maka dari itu alangkah baiknya jika cara menambah tinggi badan secara alami ini sudah mulai kamu praktekkan ketika masih dalam masa pertumbuhan misalnya saat Sekolah Dasar. Dan rutin sampai kamu betul-betul mendapatkan tinggi badan seperti yang kamu inginkan. Dengan berlatih secara rutin dan konsisten tentu hasilnya akan memuaskan. Jika hal ini terlambat untuk diketahui mungkin bisa bantu share ke adik kamu siapa tahu juga akan bermanfaat.

 

Cara menambah tinggi badan secara alami dapat kamu lakukan dengan cara:

1. Konsumsi Makanan Bergizi
Biasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi terutama yang tinggi akan kandungan vitamin D karena sangat baik untuk kesehatan tulang. Seiring bertambahnya usia, umumnya tulang akan menjadi lebih rapuh sehingga membuat postur tubuh tampak lebih pendek dan bungkuk dari seharusnya. Beberapa makanan sumber vitamin D antara lain ikan salmon, ikan tuna, keju, minum susu dll. Jadi jangan makan sebatas kenyang dan enak saja ya

2. Tidur yang Cukup
Kurang tidur selama masa pertumbuhan dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan. Maka dari itu pergunakan waktu istirahatmu dengab sebaik-baiknya agar pertumbuhan badanmu juga bisa maksimal.

3. Perbaiki Postur Agar Tinggi Pramugara Minimal Bisa Tercapai
Seiring bertambah usia, postur tubuh kita akan semakin membungkuk dan membuat tubuh terlihat lebih pendek. Untuk itu, memperbaiki postur tubuh, terutama tulang belakang, merupakan salah satu cara yang bisa membuat tubuh terlihat lebih tinggi secara alami. Tidak hanya itu, memperbaiki postur tubuh juga akan mencegah sakit kepala dan sakit punggung.

4. Yoga
Yoga merupakan salah olahraga yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan. Dengan melakukan Yoga dapat menguatkan otot, meluruskan serta membantu postur tubuh terlihat lebih tegak dan tinggi.

5. Berenang
Renang merupakan salah satu cara untuk menambah tinggi badan melalui olahraga. Karena, berenang dapat melatih semua otot-otot tubuh sehingga mendorong bertambahnya tinggi badan.

6. Bersepeda
Bersepeda termasuk olahraga yang murah dan dapat dilakukan siapa saja. Olahraga ini juga dapat menambah tinggi badan secara alami lho. Caranya, atur kursi sepeda agar lebih tinggi dan biarkan jari kaki yang bersentuhan dengan pedal. Cara ini akan menarik tulang untuk tetap tumbuh.

7. Lompat Tali 
Olahraga lain yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan adalah lompat tali. Karena gerakan lompat tali bisa menstimulasi otot kaki. Sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Olahraga ini cukup dilakukan 15 menit setiap hari.

8. Tidur dengan Posisi yang Benar
Tidur dengan posisi yang salah dapat membuat tulang melengkung dan postur tubuh membungkuk. Dengan kata lain, cara tidur yang benar dapat membantu menambah tinggi badan. Tidur yang benar adalah dengan posisi telentang, tanpa memeluk guling dan tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

9. Hentikan Kebiasaan Tidak Sehat
Agar hasilnya bisa lebih maksimal, kamu juga harus menghindari beberapa kebiasaan tidak sehat yang bisa menghambat pertumbuhan. Antara lain sering makan junk food, merokok, serta mengonsumsi minuman kafein dan beralkohol.

Itulah kiranya cara yang bisa membantumu untuk menambah tinggi badan. Untuk hasil yang lebih cepat mungkin kamu bisa mencoba suplemen peninggi badan atau susu penambah tinggi badan yang kini mulai banyak diperjual belikan. Selain suplemen, bisa juga dengan mengikuti program peninggi badan yang operasinya aman. Tapi terkait manjur atau tidaknya mungkin juga tergantung dengan kondisi mu masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *